Menghindari Berita Mainstream Terkooptasi Kepentingan

Published Juni 21, 2014 by pembawacerita

Saya tidak dalam rangka mengkritisi salah satu capres. Saya ingin meluruskan saja ketidakcermatan media. Ini perlu saya sampaikan karena pertimbangan menentukan pilihan berdasarkan berita media sangat menyesatkan pada saat ini. Hal ini karena media sudah terkooptasi dengan kepentingan masing-masing kandidat. Nyaris media kehilangan substansi objektivitas, motivasional, keluhuran moral, dan kebaikan bangsa.

Saya dapat berita ini dari timeline FB. Saya hanya baca judulnya. Saya tidak baca isinya, karena alasan nirsubstansi kebaikan di media itu.Mari kita perhatikan, “Data dibuka ke BPK, ingin Negara Transparan”. Judul ini seolah-olah tahun-tahun sebelumnya data tidak dibuka kepada BPK. Dengan kata lain ini bisa diterjemahkan bahwa seolah-olah tahun-tahun sebelumnya BPK mengaudit tanpa memperoleh data yg mumpuni.

Judul itu mudah saja dikritisi dengan beberapa pertanyaan. Apakah auditee boleh menyembunyikan data dari pemeriksaan BPK? Apakah auditee boleh tidak menyerahkan data yang diminta pemeriksa BPK? Jawabnya boleh. Dan itu artinya auditee membatasi lingkup audit. Pembatasan lingkup audit pasti akan mendapatkan opini disclaimer (tidak memberikan pendapat), opini audit paling rendah. Dengan demikian, Opini LK Pemprov DKI tahun ini, dan tahun-tahun sebelumnya yang WTP-DPP (Wajar Tanpa Pengecualian Dengan Paragraf Penjelas) sudah dipastikan datanya dibuka untuk BPK.

Jadi, berita ini menyesatkan. Maka dalam menentukan pilihan presiden kali ini, saya, dan saya mengajak yang setuju dengan pendapat dan pendekatan saya, untuk meninggalkan berita media. Mari kita gunakan “metode bertanya pada Tuhan”. Apalagi bagi kaum muslim yang mendapatkan momentum Ramadhan. Saat ini sangat tepat untuk meninggalkan media dan segala bentuk konspirasi kebohongannya. Mari kita mendekat pada kebenaran yang hakiki, yaitu kebenaran Tuhan.

 

http://www.tempo.co/read/news/2014/04/17/231571263/Data-Dibuka-ke-BPK-Jokowi-Ingin-Negara-Transparan

 

Tinggalkan Balasan

