Refleksi Kekalahan Spanyol dan Harapan Pilpres

Published Juni 19, 2014 by pembawacerita

imagesKekalahan Spanyol semalam memberikan pelajaran yang berharga bagi kita semua. Spanyol adalah tim yang nilai pemainnya paling tinggi. Lebih mudahnya Spanyol adalah negara bola terkaya karena memiliki tim termahal. Konon rata-rata harga satu pemain Spanyol sama dengan satu tim Honduras.

Spanyol juga diisi oleh pemain yang tingkat popularitasnya sangat tinggi. Setiap lini pasti ada pemain bintangnya. Setiap penonton bola yg saya jumpai jika diminta menyebutkan pemain Spanyol berdasarkan posisinya paling sering menyebut, kiper: Iker Casillas; bek: Sergio Ramos, Gerard Piqué; tengah: Xavi, Andres Iniesta; depan Diego Costa, Fernando 9 Torres. Jika dibandingkan dengan Chile, tingkat popularitasnya rendah. Jika pertanyaan yang sama pada penonton bola yg saya jumpai, mayoritas mereka hanya menyebutkan Alexis Sanchez dan Arturo Vidal.
Bahkan pencetak gol-nya saja tidak populer.

Tapi itulah pertandingan sepak bola, pemenangnya ditentukan berdasarkan prestasi memasukkan bola ke gawang, bukan jumlah kekayaan atau pun popularitas. Jika ditelisik lebih lanjut, faktor persatuan kerja sama tim sangat berpengaruh. Bahkan bukan hanya pemain, tetapi juga ada peran strategi pelatih, motivasi dari psikolog, psioterapi, panitia penyedia makan malam, dan sebagainya. Dan satu lagi yang sangat sering dilupakan, adalah peran Tuhan.

Demikian pula sebenarnya pemilihan presiden kali ini. Bukan pasangan yang paling populer yang akan menang walaupun serangan udara melalui media terus menerus tanpa jeda.Bukan pula pasangan yang paling kaya yang memenangkan meskipun digelontorkan uang politik sebanyak-banyaknya.

Pemenang pilpres kali ini adalah persatuan bangsa; kerja sama antar elemen negara; strategi pemimpin dan rekomendasi akademisi; nasehat ulama, pastur, dan rahib; untaian semangat dari para motivator; keberanian rakyat kecil nan miskin untuk teruntai dalam rantai kebaikan; dan berbagai bentuk kemuliaan lainnya. Serta satu lagi yang sering dilupakan, bahwa Presiden Indonesia 2014-2019 telah ditentukan Tuhan.

Oleh karena itu, mari segenap rakyat Indonesia, bertanya pada Tuhan, meminta arahan Tuhan, dan memohon petunjuk Tuhan agar diarahkan untuk memilih pasangan presiden yang terbaik untuk Indonesia. Dipagi yang indah ini, mari kita tenangkan jiwa, mengatur nafas, menepi dari hiruk pikuk dunia, memejamkan mata dan kembali berkata lirih kepada Tuhan.

“Tuhan Yang Maha Raja Diraja, di tangan-Mu lah segala kekuasaan dan kekayaan.Tuhan Yang Maha Memuliakan, Engkaulah pemilik sejati kemuliaan dan popularitas. Karena itu Tuhan, hindarkan kami dari kebanggaan akan kekayaan dan popularitas. Hindarkan kami dari bencana akibat kebanggaan akan kekayaan dan popularitas. Hindarkan kami dari memilih presiden karena kebanggaan akan kekayaan dan popularitas. Arahkan kami ya Tuhan, kepada presiden dan wakil presiden yang membawa kesatuan dan kebaikan yang mendekatkan kami serta seluruh rakyat Indonesia kepada-Mu.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: