Diskusi di Kampung Trenggalek Juli 2013

Published Juli 30, 2013 by pembawacerita

Sebulan pasca kenaikan BBM. Setengah bulan melalui Ramadhan. Sebentar lagi takbiran Lebaran. Betapa pemimpin pemberani membela rakyat kecil dirindukan.
***
Kemarin diskusi dengan Bapak, ttg BBM naik
Bapak:”Ya bagaimana lagi, Belanja Pegawai tinggi, Belanja Modal rendah karena banyak subsidi.”
Saya:”Hehe…tidak semua masalah bisa diselesaikan dg uang to pak? Tidak selalu dg Laporan Keuangan”
Bapak:”Benar juga”
Saya:”Bapak panen jagung.kemudian bapak butuh pakan buat kambing dan ayam. Apa jagungnya dijual?”
Bapak:”Ya enggak.jagungnya diselip buat pakan.”
Saya:”Begitulah minyak kita.”
Bapak:”Siapa yg menyadari? Siapa yang melaksanakan?”
Bapak:”Muhammadiyah saja gimana? Muhammadiyah sudah mengingatkan Pemerintah shg BPMIGAS dibubarkan. Muhammadiyah saja buat perusahaan minyak. Lulusan Unmuh yg bagus-bagus diberdayakan sendiri. Kita bikin perusahaan seperti kita bikin kampus dan rumah sakit.”
Bapak:”Ide bagus.”

Kemarin diskusi pula dengan Mak Nini. Seharusnya saya memanggilnya Mbah. Tapi sudah terlanjur memanggil Mak dari kecil. Perkenalkan, beliau supplier kripik yang saya jual semasa SMA.
Mak Nini:”Diik, sekarang barang-barang mahal. Uang seperti tidak ada harganya.”
Saya:”Benar mak.”
Mak Nini:”Alhamdulillah sampeyan tidak merasakan.”
Saya:(tersenyum-mengalihkan pembicaraan)”Alhamdulillah. Mak Nini panen padi”
Mak Nini:”Iya. Sawah Selatan dik.”
Saya:”Alhamdulillah punya sawah Mak. Padinya jangan dijual semua ya Mak.”
Mak Nini:”ya kalau tidak dijual nanti keperluan yang lain gimana?”
Saya:”Kalau ada keperluan, baru padinya dijual. Sekarang ditabung saja padinya. Kalau butuh buat makan, diselip. Kalau butuh buat belanja, baru dijual.”
Mak Nini:”Kok kayak jaman ga ada uang to dik? Kaya jaman Mak Nini dulu.”
Saya:”Lah Mak Nini sendiri yang bilang. Uang seperti ga ada. Ga ada harganya.”
Mak Nini:”Bener juga.”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: