Merindukan Cendikiawan Muslim yang Bermanfaat Sampai Mikro

Published Juli 21, 2013 by pembawacerita

Teringat dulu pas SMA, awal reformasi, bapak bisa menjadi distributor sembako Pemerintah. Dipercaya dibawah sumpah untuk menjual beras maksimal 5kg per orang atau minyak goreng 2kg per orang.
Kemudian karena kebodohan saya, saya sempat menjual ke satu orang 50kg. Bapak lantas marah luar biasa. “Apa kamu mau bapakmu ini digantung di neraka karena mengingkari sumpahnya?”. Beras itu untuk makan rakyat, bukan untuk dijual orang laun lagi. Bapak diharapkan menjadi distributor terakhir.
Saya dulu tak paham. Tapi setelah tiga kali menjadi distributor itu bapak sudah tidak jualan sembako murah lagi. Kata bapak harga pasar sudah normal. Tetap saja aku tak paham. Hanya teringat saja, dulu Menteri Koperasi dan UKM-nya Adi Sasono. Bapak anggota ICMI. Dan teman-teman bapak juga banyak yang menjadi distributor seperti bapak.

#rindu cendekiawan muslim yang turun ke lapangan

Sekarang saya mulai paham, bahwa kebaikan yang dibawa oleh satu orang akan sulit tersebar bahkan tidak menjadi manfaat bagi orang banyak tanpa didukung jaringan orang-orang baik nan bertakwa juga. Agar bermanfaat untuk orang banyak memang tidak bisa sendirian, tidak bisa nyentrik, tapi harus berjamaah.
Saya merindukan seorang cendikiawan muslim yang memiliki amanah di Pemerintahan dan mampu memberikan manfaat dengan melibatkan jamaah/orang banyak. Sehingga setiap orang yang memegang rantai amanah yang diemban dijama’ah bisa ikut merasakan bagaimana perjuangan Islam itu memberikan solusi yang indah. Saya sengaja merindukan yang ada di Pemerintahan, walau mungkin banyak orang atau organisasi tertentu banyak bakti sosial. Ini karena Pemerintahan itu memiliki efek pengganda yang lebih besar. Tinggal orang dibelakangnya memanfaatkan untuk pengganda kebaikan apa keburukan.
Itulah dibutuhkan cendekiawan muslim yang bertakwa dan mampu menjangkau aktivitas mikro. Saya begitu merindukannya.

http://m.republika.co.id/berita/kolom/resonansi/13/07/18/mq51kn-ketika-presiden-marah-karena-harga-terbang

Tinggalkan Balasan

