Resume Khutbah Jumat DR Hilman Rosyad MA di Masjid Baitul Hasib

Published Juni 7, 2013 by pembawacerita

Bulan Rajab merupakan bulan Istimewa, karena pada bulan ini terdapat peristiwa spektakuler yaitu Isra’ Mi’raj. Setidaknya ada tiga hikmah dari peristiwa ini.

1. Apresiasi di saat merasa gagal

Isra’ Mi’raj merupakan apresiasi dari Alloh untuk Nabi Muhammad SAW disaat Nabi merasakan kegagalan dalam mengemban dakwahnya.  Pada Tahun ke-10 kenabian, Rasulullah ditinggal wafat oleh backing politik beliau, pamannya sendiri, Abu Tholib. Bukan hanya itu, istri tercintanya, Siti Khadijah ra wafat tiga bulan kemudian. Praktis Rosulullah benar-benar kehilangan orang terdekatnya. Masa itulah dikenang sebagai ‘Aamul Huzn (tahun dukacita). Dampak kehilangan orang terdekat sangat mempengaruhi dakwah rasulullah SAW. Kaum kafir Quraisy semakin keras memusuhi umat Islam. Sedemikian keras pertentangan kaum kafir telah membuat Rasululah SAW reaksioner. Ketika beliau mendengar ada orang yang ingin masuk Islam dari Thaif, beliau bergegas melakukan perjalanan ke Thaif untuk berdakwah. Namun, bukan sambutan yang diterima Rasulullah, melainkan sambitan lemparan batu, cemoohan, dan hinaan yang luar biasa. Dalam kondisi seperti itu, Rasulullah SAW merasa gagal.

Namun tidak demikian di sisi Alloh. Alloh justru menghadiahkan perjalanan luar biasa yang kemudian menjadi inspirasi keberhasilan dakwah Rasulullah SAW. Perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha telah menginspirasi hijrah. Hingga 2,5 tahun setelah peristiwa Isra’ Mi’raj Rasulullah kemudian Hijrah ke Yatsrib. Lompatan keberhasilan itu dapat dilihat dari indikasi jumlah kaum muslimin saat melaksanakan Haji Wada’ ke Masjidil Haram sebesar 14.000 orang. Padahal pada saat hijrah Rasulullah SAW hanya bersama 70 orang sahabat.

2. Anugerah sholat

Semua syariat ibadah diturunkan Alloh melalui malaikan Jibril. Tetapi tidak untuk sholat. Sholat diturunkan langsung oleh Alloh kepada nabi Muhammad SAW secara langsung di Sidratul Muntaha. Oleh karena itulah sholat menjadi ibadah yang sangat spesial, tidak boleh dimodifikasi dan harus dilaksanakan bagaimanapun keadaannya.

3. Keberkahan Masjid

Allah menyebutkan dua masjid pada Surat Al Isra’ ayat 1, yaitu Masjidil Haram dan Masjidil Aqsha.

 

Khutbah Kedua

Tidak ada perbedaan pendapat para mufassir mengenai tafsir “Haulahu linuriyahu” atau tanah yang diberkahi menurut Surat Al Isra ayat 1 tersebut adalah Palestina. Lantas kondisi saat ini ternyata Palestina dalam penjajahan Israel. Kondisi ini sama sekali tidak menunjukkan bahwa Alloh telah melakukan pembohongan publik. Tapi justru menjelaskan sejarah betapa Umat Islam harus mempertahankan keberkahan pada tanah disekeliling Masjidil Aqsha.

Pada jaman Rasulullah SAW, Masjidil Aqsha adalah kiblat sholat kaum muslimin, sebelum Alloh menurunkan perintah mengubah kiblat menuju Masjidil Haram. Ini karena penghormatan bahwa Palestina adalah tanah para nabi. Oleh karena itulah, Amirul Mukminin Sayyidina Umar bin Khaththab setelah menaklukkan Palestina tidak memperlakukan sama seperti tanah futuhat lainnya. Umar tidak membagi-bagikan tanah Palestina. Namun, Umar justru menginfakkan tanah Palestina kepada Umat Islam. Dengan demikian, status tanah Palestina saat ini adalah hak umat Islam, termasuk umat Islam di Indonesia. Lebih dari itu, pembebasan negara dari penjajahan merupakan amanat konstitusi negara kita. Dengan demikian, kita selaku umat Islam Indonesia seharusnya turut mendukung pembebasan Palestina dari Penjajahan.

“Ya Alloh, ijinkan kami rukuk dan sujud di Masjidil Aqsha”

One comment on “Resume Khutbah Jumat DR Hilman Rosyad MA di Masjid Baitul Hasib

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: