Karakter rumah muslim

Published Desember 26, 2008 by pembawacerita

Jujur, sungguh berat sangat menahan rasa rindu pada istriku. Tapi kerinduan ini seharusnya tidak membuatku futur. Aku harus bangkit. Aku harus mengisi waktu-waktu kerinduan ini dengan aktivitas yang memberikan kebaikan. Seperti pagi ba’da shubuh ini. Di As Sa’adah, rutin setiap Sabtu pagi, ada ta’lim. Yang mengisi kali ini adalah Ustadz Saman.

Pada kesempatan ini dijelaskan mengenia karakteristik rumah seorang muslim sehubungan dengan syi’ar. Setidaknya ada tiga karakter rumah syi’ar itu:

1. Dihiasi dzikir dan shalawat

Rasulullah pernah mengumpamakan rumah yang dihiasi dzikir dan tanpa hiasan dzikir laksana manusia dengan nyawa dan tanpa nyawa. Masya Allah, jauh sekali bedanya ya…antara hidup dan mati.

2. Tempat melakukan ibadah shalat

Rasulullah juga menuntunkan untuk menjadikan rumah sebagai tempat shalat, sehingga tidak seperti kuburan. Namun perlu diketahui, shalat yang dimaksud adalah shalat sunnah. Adapun shalat wajib itu lebih utama di masjid. Ini sesuai dengan kaidah bahwa ibadah yang wajib itu selayaknya diumumkan, sedangkan yang sunnah disembunyikan. Seperti halnya zakat yang dilakukan secara terbuka sehingga setiap orang bisa mengetahuinya. Lain halnya dengan sedekah. Ibarat tangan kanan member, tangan kiri tidak mengetahui.

3. Membaca Al Quran

Membaca Al Quran di rumah bukan sekedar sebagai sarana syi’ar. Tapi juga memiliki faedah untuk mengusir setan. Karena ketika dibacakan Al Quran maka setan akan kocar-kacir.

Hm…alangkah indahnya rumah seperti itu. Aku mengharapkannya. Dan ingin segera menghiasinya bersama istriku. Membaca Al Ma’tsurat, qiyamullail berdua, dan saling tasmi’ tilawah.

Bismillah…aku akan segera mendapatkannya. Amin.

2 comments on “Karakter rumah muslim

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: