Si Kecil & Batu Dagangan

Published November 10, 2008 by pembawacerita

Malam ini aku senang sekali. Alhamdulillah aku ditraktir makan teman baikku. Ia sedang merayakan milad-nya yang ke-26. Hm…semoga umurmu yang telah lalu berkah ya kawan. Semoga umurmu ke depan semakin bermanfaat bagi umat. Semoga bidadarimu segera mendekat hingga kamu bisa mendekapnya erat di dalam perjanjian yang kuat. Amin…

Lantas ada pemandangan yang membuat hatiku ini luluh lantak. Aku baru saja makan enak. Ketika aku menuju parkir motor mataku tertuju pada seorang anak. Ia memikul beban berat di pundak. Menjajakan dagangan yang sangat berguna bagi ibu-ibu untuk memasak. Anak seumuran SMP atau bahkan SD itu masih mengais rejeki padahal malam telah beranjak.

Tak tega aku melihatnya. Lemper dan ulekan batu itu masih tinggi membebani pikulannya. Aku datangi dia, dan kuberikan selembar uang. Ketika menyentuh tangannya, pikiranku buyar. Yang tadinya ingin menyapanya, mengajaknya berbicara, bertukar cerita, tapi itu semua menjadi sirna. Lenyap seolah tersapu keringat yang mengembun di tangan kasarnya.

Di sepanjang jalan pulang aku berharap. Adik kecil, semoga Allah memberimu rejeki yang berkah atas segala perjuanganmu. Semoga Allah menghapus dosa-dosamu dan memberikan kebaikan disetiap langkahmu untuk mencari rejeki yang halal bagimu dan keluargamu. Adik kecil, semoga akan semakin banyak orang-orang yang tertampar melihat perjuanganmu. Bagiku, kamu adalah pahlawan untuk keluargamu. Kamu adalah pahlawan yang memperjuangkan kehidupan dari kehalalan. Bagiku, kamu adalah pejuang bangsa. Yang memberikan pelajaran bagi setiap manusia dengan perjalanan nyata.

Adik kecil…kamu jauh lebih layak untuk merayakan hari pahlawan 10 November…

Catatan untuk istriku:

Bunga hatiku, ceritakan kisah-kisah perjuangan adik kecil ini kepada jundi-jundi kita kelak. Agar mereka menjadi generasi yang peka dengan perjuangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: