Sms dari orang tak dikenal

Published Juli 15, 2008 by pembawacerita

Bidadariku, semalam aku mendapatkan sms dari orang yang tak dikenal. Tadi malam aku baru saja selesai membantu beberapa pekerjaan Bapak. Tiba-tiba pada pukul 22:50 HPku berbunyi, ada sms dari nomor +6285731596628. Nomor itu tidak dikenal phone book-ku. Apakah kau tahu ini nomor siapa bidadariku? Bunyi sms-nya seperti ini:

“Mgkn aq slama ini salah menilai, apa pentingnya pernikahan bg laki2 yg bgtu ambisi dg karir krn keegoannya”

Aku agak bingung dengan maksud sms itu. Tanda tanya besar tergambar dalam benakku. Apa maksud pengirim sms itu? Siapakah dia? Lantas aku balas sms itu dengan menanyakan identitasnya dan memberikan penjelasan singkat bahwa menikah untuk mendapatkan separuh agama itu jauh lebih berharga dibandingkan apa yang dia sms-kan.

Beberapa menit berselang, tepat pukul 23:00,pengirim sms misterius itu kembali memberiku pesan singkat.

“itu klu km.tp ktk ambisi karir mjd prioritas,mnkh adlh plengkap sj mgkn bs jd hny renc tnp tau kpn tlaksana.aq lelah,aq hmpir tdk memiliki kata2 lg.”

Membaca sms itu, aku mengira bahwa pengirimnya laki-laki. Dan mungkin ia tidak sependapat denganku. Tak masalah bagitu ia berbeda pendapat. Toh itu adalah pilihannya. Tapi kewajibanku adalah mengingatkan. Itu saja. Dengan harapan dia seorang muslim, aku lantas membalas sms padanya dengan memberi saran agar percaya kepada Muhammad, bahwa kebutuhan laki-laki itu sebenarnya hanya tiga, yaitu: kendaraan yang bisa dibawa kemana saja, rumah yang lapang, dan istri yang shalihah. Aku juga masih menanyakan identitasnya dan menutup sms dengan saran untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Sembilan menit kemudian ia mengirim sms padaku.

“itu teori yg mengapung bgny. Tdk slamany laki2 angkuh itu kuat,bs jd sbnarny itu adlh cara traman utk mnyembunyikn kerapuhany,hny laki2 pengecut yg tdk brani mengambil kptsan”

Bidadariku, terus terang aku agak geram saat itu. Aku merasa ada nuansa penghinaan kepada Muhammad. Bahwa teori Muhammad itu hanyalah teori yang mengapung padahal menurutku apa yang disampaikan Muhammad adalah tuntunan agung. Dengan merasakan ganjalan di hati, aku membalas sms itu dengan memberinya beberapa pertanyaan. Lantas apa dasar dia mengambil keputusan? Teori agung Muhammad yang menurutnya mengapung, ataukah keangkuhannya? Siapa pula yang pengecut? Padahal dia menyebut nama saja tidak berani.

Lama dia tidak menjawab pertanyaan di sms-ku. Aku membiarkannya saja sembari menonton J-TV, televisi lokal Jawa Timur yang saat itu sedang menayangkan kampanye para calon gubernur Jawa Timur. Hingga aku tak sadar mataku menutup tak tahan kantuk. Tiba-tiba Hpku berbunyi kembali tepat tiga menit sebelum ganti hari. Ada sms dari si misterius.

“Kptsn apa?rasanya satu2ny kptsn bodohku adlh mntup telinga ktk ada yg mberi saran atas taarufku”

Aku tak membalasnya. Mataku sudah tak tahan untuk diistirahatkan. Namun terbersit kecurigaan bahwa si misterius ini kemungkinan adalah perempuan. Siapakah dia? Aku lebih memilih tidur daripada mencari jawabannya. Pikirku, besuk pagi saja aku telepon dia.

Pagi ini masih tersas dingin seperti hari-hari kemarin. Rutinitas ibadah telah membawa ketenangan hatiku. Teringat aku dengan sms semalam. Dan aku coba menelepon si misterius dengan nomor lain. Agak lama si misterius itu mengangkat HP-nya. Hingga terdengar suara yang tidak jelas dengan nuansa agak bermalas-malas memulai pembicaraan. Benar kecurigaanku. Ternyata dia perempuan. Mungkin ia baru bangun tidur. Suaranya masih serak, tak jelas aku mendengarnya. Aku pun berkali-kali melayangkan pertanyaan padanya. Kira-kira separuh nyawanya belum menyatu. Ia tidak bisa menangkap sepenuhnya pertanyaanku. Tak lama durasi telepon itu. Rupanya ia tersadar bahwa yang meneleponnya adalah orang yang dia sms semalam. Tuuutt…..telepon pun ditutup. Dasar misterius. Lantas aku sms dia

“Asw.Maaf mbak,km siapa?Aq akan brtrimakasih bgt klo mbak brknan mjelaskn mksd sms k aq smalam”

Tak lama kemudia ia membalas sms-ku:

“Tdk penting,yg penting aq sdh blg ke kamu,sdh cukup,tdk perlu telf aku”

Semakin tidak jelas arah komunikasinya. Sekali lagi aku sms. Jika hasilnya tidak positif, sudah tak ada yang perlu dilanjutkan. Lebih banyak kesia-siaannya.

“Maaf aq kira kamu semalam laki2.tnyt prmpuan ya.aq ga ngerti maksud & alasan sms km smlm.klo ga mau ditelp, tlg dijelaskan walau dg sms.trims”

Benar. Bukan balasan positif yang aku dapatkan. Sepotong pengakuan dari sms-nya yang aku masih tidak bisa mengerti apa maksudnya.

“Tdk ada yg perlu djlaskn,smua sdh jelas.

Dl aq tdk pnh bpndpat bgt kpd laki2,tp tnyt msh ada laki2 yg spt itu.

Trmksh sdah mjd tmanku bbagi.hny Allah yg bs mblasnya.”

Bidadariku, apakah kamu tahu apa maksud pengirim sms itu? Apakah itu peringatan bagiku yang tidak segera mengambil keputusan? Padahal menurutku aku sudah mengambil keputusan. Aku hanya butuh jawaban siapakah dan dimanakah kamu wahai bidadariku. Ah, semoga perjalanan kembali ke kampus selama lebih dari 15 jam nanti aku tidak menjumpai hal-hal yang misterius seperti ini.

One comment on “Sms dari orang tak dikenal

  • Menanggapi pernyataan di akhir2..
    yah,tiap qt pny rencana,tmsk u/mnyegerakn mengambil keputusn itu..tp 4W1 jg pny rencana ats diri qt..dan rencanalah yg pasti terjadi-itulah pasti yg terbaik..
    yakinlah,4W1 tau wkt yg tepat dg org yg tepat pl..
    qt serahkn smua hny pd 4W1,Sang Penggenggam sgl Urusan. Mg 4W1 mudahkn dan ridhoi lgkh2 qt.amin

  • Tinggalkan Balasan

